Bahasa Tubuh

Oleh: Westy Andarini

Bahasa non-verbal atau yang biasa disebut dengan bahasa tubuh adalah pesan yang disampaikan melalui gerak tubuh atau ekspresi wajah. Pada sebuah komunikasi tanpa kata, kita bahkan dapat merasakan betapa tidak nyamannya ketika dipandang orang lain dengan cara ditatap, disentuh atau dibaui oleh orang lain yang tidak kenal.

Semua orang, sebenarnya, pasti dapat berkomunikasi secara non-verbal. Komunikasi dalam bentuk ini juga sering dilakukan tanpa sadar. Asumsi, mengenai bahasa tubuh ini, umumnya adalah bahwa gerakan tubuh mempunyai makna dalam konteks tertentu. Kadang-kadang dalam komunikasi non-verbal ini ciri khas kedaerahan lebih dapat ditunjukkan secara tepat. Bahasa tubuh juga dapat memberi penguatan pada jenis kelamin, yaitu: kaum lelaki dan kaum wanita menggunakan bahasa tubuh dengan cara-cara yang khas maskulin (untuk lelaki) dan juga feminim (untuk wanita). Bahkan pada individu dengan kemampuan bilingual (bisa menggunakan dua bahasa) juga bilingual dalam bahasa tubuhnya.

Bagi orang awam bahasa tubuh mempunyai daya tarik tertentu karena tubuh begitu gamblang untuk dilihat. Misalnya perilaku organ tubuh mata saat anda menggerakkan bola mata, bertatapan atau tidak bertatapan, sesunggunya gerakan bola mata itu sudah langsung dapat ditafsirkan atau diberikan makna oleh orang lain.

Situasi dan suasana hati ( mood ) juga mempengaruhi bahasa tubuh yang disampaikan. Misalnya, perilaku saat berdua bersama dengan pria/wanita yang menjadi kekasihnya berbeda dengan perilaku ketika bersama teman. Begitu juga perilaku pada saat jatuh cinta akan berbeda dengan perilaku saat marah.

Jadi, jaga lidah kita, hati-hati dengan tubuh anda…. :-)

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

tapi untuk menafsirkan bhsa tubuh ssorang itu gampang2 susah, oleh karna itu berhati2lah jangan sampai salah menafsirkannya. Sebab bisa bahaya nanatinya……….!

Leave a comment

(required)

(required)